Penyakit Malaria


Penyakit malaria salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia. Saat ini penyakit Malaria di Indonesia, mengalami penurunan jumlah penderita yang cukup signifikan. Penderita penyakit malaria yang penularannya melalui nyamuk anopheles, memasuki periode tahun 1999 sampai 2002, mengalami penurunan dari 0,38 per seribu penduduk, menjadi 0,21 per seribu penduduk.

Dari hasil penelitian RPNUI, penurunan tingkat penderita penyakit malaria berdampak pada penurunan tingkat kemiskinan masyarakat. Periode 1999 sampai 2002, masyarakat miskin Indonesia turun dari 29 % menjadi 19 %.

Menurut staf ahli bidang epidemologi dan penyehatan lingkungan Departemen Kesehatan, I Nyoman Kandun, malaria, dan kemiskinan sangat terkait, jika banyak warga menderita malaria, maka berakibat pada penurunan produktifitas, tingkat kecerdasan, imunitas, dan peningkatan resiko kematian.

Departemen Kesehatan optimis upaya penurunan tingkat penderita penyakit malaria seminimal mungkin akan dapat tercapai. Apalagi setelah terbentuknya kelompok negara donor untuk penyakit AIDS, TBC dan malaria, yang terus membantu memberi pendanaan untuk mengobati berbagai penyakit tersebut. Hingga 2008 mendatang, Indonesia sudah memperoleh bantuan sebesar 22 juta dollar Amerika untuk pemberantasan penyakit malaria.

Apa Itu Malaria

Malaria adalah penyakit yang menyerang manusia, burung, kera dan primata lainnya, hewan melata dan hewan pengerat, yang disebabkan oleh infeksi protozoa dari genus Plasmodium dan mudah dikenali dari gejala meriang (panas dingin menggigil) serta demam berkepanjangan.

Sejak tahun 1950, malaria telah berhasil dibasmi di hampir seluruh Benua Eropa dan di daerah seperti Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun penyakit ini masih menjadi masalah besar di beberapa bagian Benua Afrika dan Asia Tenggara. Sekitar 100 juta kasus penyakit malaria terjadi setiap tahunnya dan sekitar 1 persen diantaranya fatal. Seperti kebanyakan penyakit tropis lainnya, malaria merupakan penyebab utama kematian di negara berkembang.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s