PROFIL LP2KS


CO GITO ERGO SUM

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KESEJAHTERAAN SOSIAL

PROVINSI BENGKULU

[ L P 2 K S ]

Sejarah singkat keberadaan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, atau yang disingkat LP2KS. Semua ini berangkat dari diskusi-diskusi informal dalam memperhatikan semakin berkembangnya permasalahan kesejahteraan sosial yang notabene membutuhkan program-program kesejahteraan sosial. Diskusi ini sebetulnya sudah dilakukan sejak tahun 2005, namun karena kesibukan tugas, maka diskusi yang relatif intensif baru dapat dilakukan pada awal-awal tahun 2007,

tujuan lembaga didirikan untuk membantu pemerintah, dalam hal ini Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Bengkulu, mengatasi masalah-masalah sosial yang fenomenanya kian hari kian berkembang dan kompleks. Partisipasi lembaga ini berfokus pada bidang kajian, penelitian, dan juga pemberdayaan dalam jangka panjang. Masalah sosial itu bergerak, dinamis, dan berubah. Maka sejogyanya pula program-program kesejahteraan sosial juga mengalami perubahan. Jembatan untuk menjawab dua kebutuhan tersebut, antara lain adalah dengan ”penelitian”.

Pada dasarnya LP2KS merupakan organisasi sosial terbuka, yang juga peduli dengan upaya-upaya peningkatan sumber daya manusia kesejahteraan sosial baik SDM aparatur, dan SDM non aparatur. Melalui pelatihan, serta program-program capacity building yang dimiliki LP2KS, akan sangat membantu kita semua. Dalam kesempatan ini kami, undang semua pihak untuk hadir di forum-forum pertemuan, dan kajian yang selama ini telah dilaksanakan. Anda akan menemukan rasa yang berbeda dengan hadir di pertemuan-pertemuan rutin kami.

Kedepan, masih banyak yang harus dilakukan oleh LP2KS, antara lain menjadi organisasi sosial yang mandiri, pembuatan buku kesejahteraan sosial, perluasan skala penelitian, dan lain sebagainya. Didalam LP2KS, tidak ada yang elit, lebih pintar, dan lebih berjasa. Semuanya adalah sama, yang penting mau belajar, mau berkarya, dan maju bersama sesuai dengan makna logo LP2KS, manusia terang dan manusia gelap; dan semboyan ” co gito ergo sum” , aku ada karena aku berpikir!  fokus pembangunan kesejahteraan sosial sekarang semakin berkembang, bukan semata pembinaan dan pelayanan tetapi juga dalam hal pembinaan dan peningkatan kapasitas aparatur, terutama aparatur non-pns melalui kegiatan capacity building semacam ini.

Karena kita semua paham, bahwa permasalahan kesejahteraan sosial itu berkembang. Kebutuhan dan masyarakat itu sendiri juga bergerak dinamis, termasuk juga tantangan pembangunan kesejahteraan sosial yang semakin berat. Untuk itu, kita semua sebagai aktor pembangunan kesejahteraan sosial, membutuhkan SDM yang kapabel, masukan-masukan ilmiah, dan kajian-kajian kontemporer soal masalah sosial, sehingga kedepan, program-program kesejahteraan sosial yang ada tidak akan ketinggalan jaman, dan sanggup menjawab tantangan pembangunan kesejahteraan sosial yang ada. Program-program yang baik harus didasarkan pada hasil kajian dan penelitian.

Bagi sebagian orang, ada yang beranggapan bahwa kegiatan penelitian hanyalah menjadi milik atau wilayahnya Perguruan Tinggi semata, walaupun sebenarnya tidaklah sepenuhnya benar. Contohnya Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Bengkulu, berdasarkan Perda 13 Tahun 2001, memiliki kewenangan didalam melakukan penelitian sosial. Ini artinya, harus ada komponen dinas termasuk mitra pembangunannya, yang mampu melakukan penelitian sosial. Walaupun kita akui, bahwa SDM aparatur dan non aparatur yang ada, masih harus belajar banyak tentang metode penelitian. Disinilah kiranya arti penting lembaga seperti LP2KS, untuk dapat bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi didalam melakukan kajian dan penelitian bersama tentang masalah sosial dan dinamikanya.

Dan jembatan itu telah ada, yaitu Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial Provinsi Bengkulu, yang kelahirannya dibidani oleh pihak Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Bengkulu. Kita berharap kedepan, lembaga ini bukan semata mengejar independensinya, tetapi seperti yang saya sebutkan diatas yaitu,  dapat menjadi salah satu wahana pengembangan kualitas SDM aparatur dan non-aparatur kesejahteraan sosial.

 

LP2KS CENTER

JL. SEMANGKA 4 NO. 53 RT. 12/004 KEL. PANORAMA KEC. GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU

TELP. 0736-342091- HP. 0816 390 152, e-mail : Mukti21@Telkom.Net

11 responses to “PROFIL LP2KS

  1. Ass wr wb,
    Saya dan temen, saat ini sedang mengikuti bimtek PKKS, di KSPH, bersamaan dengan kegiatan ini, di Kab.Grobogan juga ada sosialisasi PKKS dari LPMP Smg bagi Pengawas dalam rangka persiapan ME KS. Masalahnya IPKKS nya beda dgn LP2KS, gimana nich? Apa LP2KS belum sosialisasi ke Seluruh LPMP, termasuk ke Jajaran Dinas Pendidikan Kab/Kota?
    Mohon maaf
    Wss Wr Wb

  2. Ass.aku baru buka dan baca LP2KS, pd dasarnya aku sangat tertarik dg LP2KS. ini merupakan salah satu lembaga yg mampu memberikan warna baru terhadap pengungkapan persoalan sosial dinegara kt. aku mau belajar dg teman2 di bengkulu bagaimana menjlnkan lembaga tsb. atau mungkin LP2KS bisa berdiri di Jambi. mhn bantuannya. Thanks
    +1
    +1

  3. Ahmad Syahbuddin, S.Pd.

    gimana caranya untuk dapat mengikuti prpogram lp2ks ?

  4. Ass.aku baru buka dan baca LP2KS, pd dasarnya aku sangat tertarik dg LP2KS. ini merupakan salah satu lembaga yg mampu memberikan warna baru terhadap pengungkapan persoalan sosial dinegara kt. aku mau belajar dg teman2 di bengkulu bagaimana menjlnkan lembaga tsb. atau mungkin LP2KS bisa berdiri di Jambi. mhn bantuannya. Thanks
    +1

  5. Dedi Wahanardi, AKS

    Ass.
    aku baru buka dan baca LP2KS, pd dasarnya aku sangat tertarik dg LP2KS. ini merupakan salah satu lembaga yg mampu memberikan warna baru terhadap pengungkapan persoalan sosial dinegara kt. aku mau belajar dg teman2 di bengkulu bagaimana menjlnkan lembaga tsb. atau mungkin LP2KS bisa berdiri di Jambi. mhn bantuannya. Thanks

    • pada dasarnya kami mendukung teman2 yg ada di jambi untuk mendirikan lemabaga sejenis lp2ks. pda dasarnya lp2ks merupakan lembaga non provit dan anda dituntut untuk konsen terhadap permasalahan/gejala sosial baik lokal mapun regional dan yg terenpenting bekerjalah dgn ikhlas. ok sob

  6. - apakah pengurus organisasinya sampai hari ini masih sama dengan yang tercantum di atas? dana alamat sekretariat masih sama?

    apakah beberapa adalah alumni STKS Bandung?

    salam,

  7. Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh..

    Salam Kenal…
    Salam Silaturahim..

    maaf baru berkunjung balik…

    salam Blogger… :D

  8. terimakasih sudah mampir dan meninggalkan jejak nya di blog saya.

    untuk menampilkan widget animasi, silahkan di cek di sini:
    http://oridwidget.blogspot.com/2010/10/memasang-widget-animasi-di-pojokan.html

    semoga bermanfaat. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s