ANALISIS EKOLOGI


Manusia senantiasa berinteraksi dan melakukan hubungan timbal balik dengan lingkungan hidupnya. Ia mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan hidupnya. Ia membentuk dan terbentuk oleh lingkungan hidupnya. Hubungan antara manusia dengan lingkungan hidupnya adalah sirkuler, artinya perubahan pada lingkungan pada gilirannya akan mempengaruhi manusia, begitu pula sebaliknya manusia dapat mempengaruhi lingkungan hidupnya. Interaksi antara manusia dengan lingkungan hidupnya sangat kompleks karena pada umumnya dalam lingkungan hidup terdapat banyak unsur yang saling mempengaruhi satu sama lain.

Permasalahan lingkungan hidup adalah hubungan makhluk hidup, khususnya manusia dengan lingkungan hidupnya. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan hidupnya disebut ekologi. Oleh karena itu permasalahan lingkungan hidup pada hakikatnya adalah permasalahan ekologi, yang konsep sentralnya adalah ekosistem. Ekosistem merupakan sistem yang terdiri atas komponen-komponen yang bekerja secara teratur sebagai satu kesatuan.

Konsep kualitas lingkungan hidup sangat erat hubungannya dengan konsep kualitas hidup. Kualitas hidup dapat diartikan sebagai derajat dipenuhinya kebutuhan dasar manusia. Semakin  kebutuhan dasar itu dapat dipenuhi oleh lingkungan hidup, maka  semakin tinggi pula kualitas hidup. Kualitas hidup yang tinggi akan mampu menjamin kelangsungan hidup ekosistem, maka yang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s