ANALISIS SWOT


Sektor informal mempunyai peranan yang sangat dominan dalam perekonomian negara-negara berkembang. Di Indonesia pekerja-pekerja sektor informal mencapai 77 % dari seluruh pekerja yang ada, maka dapat dipahami bagaimana pentingnya sektor informal bagi kelestarian hidup dari sebagian terbesar masyarakat Indonesia.

Pentingnya sektor informal di dalam memajukan perekonomian di Indonesia semakin disadari dan bermacam-macam usaha dilancarkan oleh berbagai badan pemerintah dan lembaga non pemerintah untuk pembinaan sektor informal. Upaya-upaya penguatan dan pemberdayaan pekerja sektor informal ini memang sangat urgen untuk dilakukan karena pada akhirnya akan mempengaruhi kesejahteraan sebagian besar masyarakat Indonesia. Pelatihan-pelatihan antara lain dapat dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan-keterampilan pengelolahan usaha, mengadakan pembukuan sederhana membantu pemasaran, mengorganisasikan dirinya sehingga dapat melakukan proses penguatan (empowering) serta peluang akses modal dan networking.

Sektor informal terdiri dari unit-unit usaha berskala kecil yang menghasilkan dan mendistribusikan barang dan jasa dengan tujuan pokok menciptakan kesempatan kerja dan pendapatan bagi diri sendiri, dan dalam usahanya itu sangat dihadapkan pada berbagai kendala seperti faktor modal fisik, pengetahuan dan faktor keterampilan (Sethraman 1981 dalam T.O. Ihromi; 1993).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s