PENINGKATAN PARTISIPASI WARGA DALAM PROGRAM PEMBANGUNAN SETEMPAT YANG BERTUMPU PADA KOMUNITAS (PSBK)


Pembangunan merupakan salah satu program utama yang harus dilaksanakan pada setiap negara – negara di dunia, khususnya Negara  Indonesia dalam hal ini. Negara Indonesia termasuk negara berkembang yang baru menikmati kemerdekaan selama 59 tahun, tentu selama menikmati masa kemerdekaan ini negara kita perlu membenahi diri, dari segala sektor kehidupan baik bidang  Idiologi, agama, politik, ekonomi sosial budaya pertahanan dan keamanan, dimana tujuan pembangunan itu tiada lain adalah agar tercapainya masyarakat yang adil dan makmur baik secara jasmani maupun rohani, sebagaimana dijelaskan dalam pembukaan UUD 1945 baik mengadakan pembangunan.

tanpa mengenyampingkan dari arti pembangunan itu sendiri, Pembangunan itu juga  perlu memperhatikan dampak apa yang ditimbulkan, apakah dampaknya menguntungkan atau malah sebaliknya merugikan bagi masyarakat.  Memang setiap pembangunan tentu akan membawa perubahan kepada hal yang lebih baik, tetapi apabila pembangunan itu tidak berbasis pada lingkungan atau berbasis pada komuniti setempat, tentu hal tersebut akan menjadi sesuatu yang sangat buruk sekali. Apa itu yang menjadi tujuan dari pembangunan?, pembangunan yang tidak bertumpu / berbasis kepada komuniti setempat tentu akan menimbulkan kesejangan sosial, terjadinya gejolak, konflik sosial, pencemaran lingkungan seperti terjadi di Teluk Buyat ( Minahasa), sehingga kesemuanya itu tentu menimbulkan masalah – masalah baru yang harus ditangani lagi oleh pemerintah setempat.  Apakah itu yang akan menjadi tujuan program pembangunan? tentu hal ini merupakan  tugas kita bersama dalam menanggulangi dan mencari pemecahan masalah demi terciptanya masyarakat yang adil dan makmur. Untuk menjelaskan lebih luas lagi mengenai makalah ini maka kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu partisipasi dan PSBK ( pembangunan setempat yang berbasis pada komunitas ), agar persepsi terhadap makalah ini tidak simpang siur.

Menurut ( Stiefel & wolfe, 1994 ) “Partisipasi / participatory merupakan  keikutsertaan, keterlibatan  individu ,kelompok untuk ikut serta terlibat langsung dalam proses pembangunan, dimana mereka menganggap bahwa hal tersebut akan membawa perubahan yang akan lebih baik lagi terhadap kondisi kehidupan, ekonomi, sosial budaya yang mereka alami sekarang, dimana partisipasi merupakan tanggung jawab untuk mengimbangi hak-hak sebagai warga komunitas yang diperolehnya antara lain hak pelayanan, dukungan dan kehidupan sosial dari komunitasnya”.

Program PSBK ( pembangunan setempat yang bertumpu pada komunitas ) ini sebagaimana telah dijelaskan di atas bahwa program PSBK ini tidak selamanya berhasil tentu juga mengalami kegagagalan  dimana tingkat partisipasi, dukungan motivasi dari warga setempat untuk mendukung program ini sangat berpengaruh terhadap keberhasilan program ini. Tujuan dari program PSBK ini tiada lain adalah untuk menerapkan konsep pembangunan yang berkeadilan sosial, manusiawi dan berkelanjutan (Development with equity,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s