SEO TINGKAT PEMULA


SEO adalah SEO (Search Engine Opimization) dalam artian bahasa Indonesia praktisnya adalah suatu pengetahuan yang mempelajari cara-cara supaya sebuah website atau blog dengan isi atau content tertentu atau tema tertentu bisa terlacak atau terindeks semaksimal mungkin di search engine atau mesin pencari seperti google search, yahoo search,msn search, di dunia web atau internet. Search engine atau Mesin Pencari adalaah ibarat sebuah yellow pages atau koran atau majalah tempat mencari suatu berita atau iklan ,saya menguraikan dengan cara dasar begini tentu dengan tujuan selalu mengingatkan terutama para pemula bahwa semua langkah atau proses dalam melakukan tindakan SEO sperti halnya penerapan dalam media konvensional tadi ,semuanya bisa bermain ,dari proses pendaftaran,kualitas content, juga bisa faktor komersil atau uang .Dan seperti ibarat media seperti koran tadi setiap Search Engine atau mesin pencari memiliki kebijaksanaan dan aturan main yang berbeda-beda dalam mengatur setiap content yang masuk atau dalam istilah bahasa program mesin pencari adalah Algoritm (Algoritma), dan bisa selalu berubah-ubah, tentu sesuai kebijakan sang pemilik search-engine tersebut. Opimization yang dalam pengertian Indonesia-nya adalah proses yang maksimal atau pemaksimalan, dan di sinilah cikal-bakal sebuah proses SEO di mulai,di kembangkan,dan di sempurnakan. Semua teknik,pengetahuan,pengalaman di kerahkan dalam rangka menaklukan dengan setiap search engine , supaya content setiap pelaku SEO bisa seunggul mungkin berada pada halaman sedepan dan se-nomor satu mungkin terutama di search engine yang terkenal seperti google,yahoo,dan msn. SEO pada awal perkembangannya dulu adalah hanya merupakan sesuatu yang di lakukan oleh orang-orang yang cukup mahir dan menguasai seluk-beluk masalah pemrograman dan server seperti para webmaster ataupun blogger yang berpengalaman dan mahir dalam bidang itu, seperti penguasaan script PHP,HTML,CSS,dan lainnya serta penguasaan jalur-jalur seputar web dan server seperti domain,url,database dan lainnya. Tetapi sekarang seiring dengan evolusi perkembangan teknologi semua hal-hal yang berhubungan dengan SEO telah menjadi lebih mudah dan praktis untuk bisa di pahami dan di lakukan oleh siapa saja, yaitu dengan makin mudahnya mendapatkan tutorial untuk belajar juga makin banyaknya tools yang mempermudah semua pekerjaan-SEO dan hal-hal yang berhubungan seperti RSS ataupun fasilitas-fasilitas link building serta search engine submissions

Tips memanfaatkan keyword salah ketik

Berikut ini tip SEO dan info ringan tentang mencari keyword yang memanfaatkan kesalahan serta variasi pengetikan di mesin pencari , yang ternyata menurut pengamatan saya pada blog-blog saya selama ini punya presentasi yang lumayan besar dalam memancing traffic pengunjung ke web/blog kita. dan ini memang lumrah karena memang lebih banyak para pengguna internet yang belum tau benar tentang istilah-istilah atau tata bahasa-kata yang benar yang berhubungan dengan hal-hal yang ada di internet untuk  mereka cari.

Contoh 1:

orang mau mencari informasi tentang “membuat blog wordpress” (ejaan yang benar) tapibanyak jg yg mengetikan membuat blog wordpres (“S” nya cuma 1)

Contoh 2: orang mau mencari informasi tentang “tips computer” . banyak juga yang mengetikan tip computer , tip komputer…

Contoh keyword dan kemungkinan lain-lainnya: trik-triks , lagu indonesia-lagu indo, membuat blog-bikin blog, flashdisk-flash disk, dan lainnya masih banyak. jadi inti pesan atau tips yang akan saya sampaikan di sini adalah : hendaknya kita lebih melengkapi keyword utama dengan kemungkinannya .

META TAG

Meta tag description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman web Anda. Ukurannya tidak boleh lebih dari 200 karakter. Dan usahakanlah agar description ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan. Contoh penulisan meta tag description adalah sebagai berikut:

<meta name=”descriptioncontent=”tutorial situs dalam bahasa indonesia,

membahas teknik mencari uang secara online melalui internet.”>

Dan jika bagian paling awal dari web Anda berupa sebuah menu, maka deskripsi yang ditampilkan pada hasil pencarian Lycos adalah seperti ini :

Home | Products and Service | Contact Us | About Us …welcome to our online store, the best place on the web to…

Meta tag keyword sangat penting keberadaannya, karena akan menentukan kata kunci apa yang bisa menemukan halaman web tersebut pada search engine. Sintak dasar dari meta tag keyword adalah sebagai berikut :

<meta name=”keywords” content=”keyword1 keyword2 keyword3 …”>

atau ada juga yang menulis dengan pemisah tanda koma :

<meta name=”keywords” content=”keyword1, keyword2, keyword3, …>

Keduanya berfungsi sama dan tidak ada pengaruhnya pada search engine. Tujuan

pemakaian tanda koma agar keyword-keyword tersebut lebih mudah dibaca. Yang perlu diperhatikan disini adalah jangan mengulang sebuah kata lebih dari 3 kali, karena akan dianggap spamming. Contoh pemakaian meta tag keyword yang salah adalah :

<meta name=”keywords” content=”uang, uang gratis, dapat uang, uang saku, mencari uang>

Terlihat sekali bahwa kata “uang”, diulang lebih dari 3 kali. Contoh berikut ini tidak akan dianggap spamming oleh search engine :

<meta name=”keywords” content=”Sebuah situs tentang cara mencari uang”>

Yang tak kalah pentingnya mengenai keyword adalah jangan membuat keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi halaman web Anda. Hal ini juga akan dianggap spamming. Misalkan web Anda memuat informasi mengenai cara cari uang online, search engine. Format dasar dari meta tag robots adalah sebagai berikut :

<meta name=”robots” content=”index | noindex | follow | nofollow”>

Sebagai contoh, jika Anda ingin agar spider membaca main page, dan menelusuri semua link yang ada maka tambahkan perintah berikut ini :

<meta name=”robots” content=”index follow”>

Dengan perintah ini spider akan meng-index main page Anda dan men-jadwalkan untuk meng-index halaman-halaman lain yang bisa dicari melalui hyperlink (<a href=””>).

Perintah berikut ini akan menginstruksikan agar spider tidak meng-index maupun menelusuri link yang ada pada suatu halaman web.

<meta name=”robots” content=”noindex nofollow”>

SUMBER: Blogging Feedburner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s